Tuesday 21 February 2012

tersesat

itulah kata yang bisa aku ucapkan selama seminggu ini. entah kenapa ini terjadi kepada diriku, tetapi yang jlas semua itu memang aku inginkan dari dulu. di kampus STAINU Kebumen, aku adalah seorang mahasiswa ang tidak aktif, aku dalah mahasiswa yang hanya mahasiswa D3 (datang, duduk, diam), tidak ada kegiatan yang menyenagkan selama itu hanya kemonotonan yang ada, pengalaman hanya sebuah kegiatan yang diulang antara hari satu dengan hari yang lainya. tapi sekarang tidak, dimulai dari mengikuti salah satu kegiatan teater yang telah ada di kampus, aku menemukan pengalaman baru yang belum pernah aku alami. 
pengalaman pengalaman yang kana membuatku semakin kuat dalam menjalani kehidupan-kehidupan yang penuh dengan tantangan.  pengalaman pengalaman yang aku dapatkan dari mengikuti kegiatan teater dikampus antara lain adalah workshop teater: workshop teater merupakan acara yang diadakan oleh para mahasiswa-mahasiswa pecinta kesenian di Stainu Kebumen yang dilakukan untuk merekrut anggota-anggota baru yang inggin menmpeladari tetang dunia keteateran yang diadakan setahun sekali.  
banyak sekali pengalaman baru dalam workshop itu mulai dari mengetahui tentang keteateran, keaktoran, pementasan, artistik dan masih bayak yang lainya. dan pengalama yang tidak pernah aku lupakan adalah obserwasi, dimana para peserta dituntut untuk menjadi seorang(berakting) yang sangat kontras dengan kehidupan sehari-hari kita. Ada yang menjadi orang gila yang ingin menjadi artis tapi tidak kesampaian. ada yang menjadi pemulung yang mencintai kebersihan, ada yyang menjadi penjual balon yang balonya dari bunga bunga kecil yang dijual dengan harga seribu. ada yang menjadi alien, ada yang menjadi pengamen puisi, ada yang menjadi pejabat, ada yang menjadi... pokoknya unik, menarik asyik, dan juga manyenagkan.
dari itu aku mendapat sebuah kata-kata "pura-pura menjadi sesuatu itu menyenagkan, tapi menik mati kepurapuraan itu adalah keenagan" 
masih banyak lagi pengalaman pengalaman baru yang aku lakukan antara lain beraksi di depan pangung. itu merupakan pengalaman pertama aku nail kepangung. dari dahulu aku bermimpi naik keatas panggung dan ini kudapatkan di teater. aku berperan sebagai seorang pemulung disitu yang...

eh mungkin aku terlalu banya bicara tentang teater. baik lah kita kembali ketopik awal yaitu tersesat. kenapa saya tulis judul dengN TERsesat karena memang tersesat. dari rangkaian kwgiatan workshop teater yang berlum tuntasadalah stadi pentas yang akan dilakukan bulan maret besok. untuk itu sanggar teater gerak mengadakan study banding ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan ke UMP Purworejo. Rangkaian studi banding itu dimulai dari berkunjung ke UMP Purworejo untuk menonton pementasan teater. Kami berangkat pukul  05:00 dengan 14 personil. dalam perjalanan aku terpisah dengan teman-teman ku padahal aku belum pernah ke UMP sebelumnya. yah dari itu mulai muncul kata tersesat. tapi alhamdulilah biasa sampai ke UMP. iatu adalah pengalaman pertammaku tour bersamaa kawan kawan.

Perjalanan study pentas dilanjutkan ke UIN YOGYAKARTA, sebelum sampai keUIN  aku juga terpisah dengan kawan kawan sampai-sampai kawan-kawanku semua masah besar. sebenarnya persoalanya kecil kenapa aku bisa terpisah. itu terjadi ketika kami berhenti untuk istirahat, kemudia kami melanjutkan perjalanan, nah aku berangkat terlebih dahulu eh malah terpisah jauh. terus aku putuskan untuk menunggu tapi mereka tidak kelihatan juga lalu ku putuskan untukkembali ketempat semuala eh mala selisiban. ya udah akhirnya terjadilah ketersesatan. tapi akhirnya sampai juga di UIN.

ini juga setelah sampai ke UIN siangnya kami mau jalan jalan tapi karena aku selalu melihat daerah sekitar seperti patung paatung dan juga pertokoan akhirnya aku juga tertinggal.
dan iini keempat kalinya aku tersesat lagi, ini dalam perjalanan menuju warung kopi nagata juga tertinggal sama rombongan maklum orang baru kelur dari pedalaman.

dan ini adalah tersesat yang kelima, hari itu aku pergi dengan temanku untuk bayar semesteran, lah kebetulan aku masih bertah di kampus aku minta di tinggal sama temanku karena aku nebeng, eh pas mau pulang malah ga ada angkot menuju petanahan akhirnya balik lagi ke kampus.

tapi karena iti aku dapat pengalaman baru yaitu tersesat dan juga bergaul dengan anak PMII kebumen yang dengan kekritisanya mereka mampu engkritisi kebijakan- kebijakan pemerintah yang kuran menguntungkan rakyat.

No comments: