Monday 27 February 2012

eksistensi


Eksistensi
Eksistensi setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari tidaka akan lepas adari apa yangia lakukan. Setiap manusia mengharapkan eksisitensi tersebut. Eksisitensi menurutkau adalah sebuah pengakuan tentang keberadaan kita sebagai mankhluk hidup yang berguna maupun diakui oleh orang lain. Tanpa pengakuan manusia tak akan pernah hidup bahagia baik pengakuan tentang sifat (perbuatan), kepandaian(pemikiran), karakter (sifat yang mendasari), keunikan. Kenapa sih manusia tak akan hidup bahagia tanpa eksistensi? Karena manusia adalah makhluk sosial yang tak akan pernah hidup tanpa bantuan orang lain. Bantuan tersebut meliputi bantuan psikologis, dan bantuan psikis. Bantuan psikologis antara lain bantuan berupa dukungan, bantuan berupa kepercayaan, bantuan pengakuan, dan pertemanan. Bantuan psikis antara lain, bantuan untuk hidup misalkan makan, untuk berpakaian, untuk belajar, dan segala hal  yang dapat menunjang kehidupan yang  bisa dilihat dengan panca indra.
Eksistensi manusia seringkali hilang karena ketidak percayadiri yang berlebihan sehingga ia tidak pernah bebas untuk melakukan segala sesuatu yang muncul dari dalam pikiran yang merupakan jati dirinya. Karena itulah manusia-manusia yang kurang percaya diri tersebut sering menyimpan dalam dalam siapa dirinya sebanarnya. Dan oleh karena itu pula eksistensinya hilang. Ia dalam kehidupan sehari-hari adalah memerankan orang lain karena ia tidak mampu mengeluarkan apa yang ada dalam pikiranya yang merupakan jati dirinya yang sebenarnya yang di sebabkan karena ketidak percayaan diri. Dia ragu-ragu dalam setiap tindakan yang akan dilakukan yang merupakan jatidirinya sehingga ia lebih memilih diam seribukatadan memendam semua rasa, ide, da tingkah lakuka yang merupakan jati dirinya.
Orang yang mengalami krisis eksistensi biasa sanya cenderung pendiam, suka melakukan hal-hal negatif, tempramen. Biasanya orang yang mengalami krisi eksistensi selalu membuat ulah-ulah yang tidak seharusnya ia lakukan dalan situasi tertentu. Hal tersebut dilakukan karena ia ingin mendapatkan pengakuan dari orang-orang disekitarnya. Biasanya orang yang mengalami krisis eksistensi itu selalu mengharapkan sesuatu yang heboh”suatu kejadian yang terjadi yang menimpa seseorang yang mungkin bisa di ceritakan kepada teman-teman “ itu terjadi juga karena ingin mendapatkan pengakuan dari seseorang yang menjadi sasaranya (sasaran cerita).
Untuk menghindari krisis eksistensi tersebut
-          seseorang dapat mengikuti serangkaian kegiatan-kegiatan dimana dia bisa berperan katif dalam kegiatan tersebut.
-          Mempelajari sebuah ilmu(mempunyai suatu kelebihan dalam suatu bidang)
-          Mengikuti suatu kelompok(gang)
Ini hanya pemikiran-pemikiran yang kudapatkan dari lingkungan sekitar jadi silahkan komennya.

No comments: