Tuesday 31 January 2012


Ringkasan materi
Masalah siswa disekolah dan madrasah
Tugas di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Dosen Drs. Chumdori MPd

 












Nama  : Nano warisno ( 2093514 )
               Ahkmad faozan (2093)
                                          Prodi : SI/PAI/V/C


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ‘ULAMA (STAINU) KEBUMEN
2011


Sebagai seorang manusia siswa disekolah dan madrasahdapat dipastikan memiliki masalh; tetapi kompleksitas masalah-yang dihadapi oleh individu satu dengan yang lainya pasti berbeda. Masalh-masalah individu siswa disekolah dan madrasah antara lain:
v  Perkembangan individu
v  Perbedaan individu dalam hal kecerdasan, kecakapan, hasil belajar, bakat, sikap, kebiasaan, pengetahuan, kepribadian, cita-cita, kebutuhan, minat,pola-pola perkembangan, dan tempo perkembangan, ciri-ciri jasmaniah, dan latar belakang lingkungan.
v  Kebutuhan individu dalam hal: memperoleh harga diri, memperoleh penghargaan yang sama, ingin dikenal, memperoleh prestasi dan posisi, untuk dibutuhkan orang lain, merasa bagian dari kelompok, rasa aman dan perlindungan diri, dan memperoleh kemerdekaan diri.
v  Penyesuaian diri dan kelainan tingkah laku.
v  Masalah belajar
Menurut bakran Adz-Dzaky (2004) mengklasifikasikan masalh individu termasuk siswa sebagai berikut:
v  Maslah individu yang berhubungan dengan Tuhanya, ialah kegagalan individu melakukan hubungan secara vertikal dengan tuhanya: seperti sulit menghadirkan rasa takut, memiliki rasa tidak bersalah atas dosa yang dilakukan. Dampak semuanya itu adalahtimbulny rasa malas atau enggan meaksanakan ibadah dan sulit untuk meninggalkan dan sulit meninggal kan perbuatan yang dilarang tuhan.

v  Maslah individu berhubungan dengan dirinya sendiri adalah kegagalan bersikap disiplin dan bersahabat dengan hati nurani yang selalu mengajak atau menyeru dan membimbing  kepada kebaikan dan kebenaran Tuhanya. Dampaknya adalah muncul sikap was-was, dan ragu-ragu, berprasangka buruk, rendah motivasi, dan dalam dan dalah banyak hal tidak mampu bersikap mandiri.

v  Masalah individu berhubungan dengan lingkungan keluarga misalnya kesulitan atau  ketikdak mampuan mewujudkan hubungan yang harmonis antara anggota keluarga seperti hubungan antara anak dengan ayah dan ibunya, adik dengan kakaknya. Dan saudara-saudara yang lainya. Ketidak harmonisan dalam keluarga menyebabkan anak merasa tertekan,kuraang kasih sayang dan kurangnya ketauladanan dari kedua orang tuanya.
v  Masalah individu berhubungan dengan lingkungan yang disebabkan karena ketidak mampuan menyesuaikan diri baik dengan lingkungan tetangga sekolah dan masyarakat atau kegagalanbergaul dengan beraneka ragam sifat dan perilaku, kegagallan individu memilih jurusan sesuai dengan karak teristiknya, ketidak mampuan berkomunikasi denga teman- teman sekelasnya, gurunya, dan kegagalan melakukan tugas-tugas yang harus ia penuhi. 
Semua masalh di atas harus di identivikasikan oleh guru pembimbing di sekolah dan madrasah, sehingga bisa menetapkan skala prioritas maslah mana yang akan di bicarakan terlebih dahhulu dalam pelayanan bimbingan dan konseling.

No comments: