Ringkasan materi
Masalah siswa disekolah
dan madrasah
Tugas di susun untuk memenuhi tugas
mata kuliah
Dosen Drs. Chumdori MPd
Nama
: Nano warisno ( 2093514 )
Ahkmad faozan (2093)
Prodi
: SI/PAI/V/C
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
NAHDLATUL ‘ULAMA (STAINU) KEBUMEN
2011
Sebagai
seorang manusia siswa disekolah dan madrasahdapat dipastikan memiliki masalh;
tetapi kompleksitas masalah-yang dihadapi oleh individu satu dengan yang lainya
pasti berbeda. Masalh-masalah individu siswa disekolah dan madrasah antara
lain:
v Perkembangan
individu
v Perbedaan
individu dalam hal kecerdasan, kecakapan, hasil belajar, bakat, sikap,
kebiasaan, pengetahuan, kepribadian, cita-cita, kebutuhan, minat,pola-pola
perkembangan, dan tempo perkembangan, ciri-ciri jasmaniah, dan latar belakang
lingkungan.
v Kebutuhan
individu dalam hal: memperoleh harga diri, memperoleh penghargaan yang sama,
ingin dikenal, memperoleh prestasi dan posisi, untuk dibutuhkan orang lain,
merasa bagian dari kelompok, rasa aman dan perlindungan diri, dan memperoleh
kemerdekaan diri.
v Penyesuaian
diri dan kelainan tingkah laku.
v Masalah
belajar
Menurut
bakran Adz-Dzaky (2004) mengklasifikasikan masalh individu termasuk siswa
sebagai berikut:
v Maslah
individu yang berhubungan dengan Tuhanya, ialah kegagalan individu melakukan
hubungan secara vertikal dengan tuhanya: seperti sulit menghadirkan rasa takut,
memiliki rasa tidak bersalah atas dosa yang dilakukan. Dampak semuanya itu
adalahtimbulny rasa malas atau enggan meaksanakan ibadah dan sulit untuk
meninggalkan dan sulit meninggal kan perbuatan yang dilarang tuhan.
v Maslah
individu berhubungan dengan dirinya sendiri adalah kegagalan bersikap disiplin
dan bersahabat dengan hati nurani yang selalu mengajak atau menyeru dan
membimbing kepada kebaikan dan kebenaran
Tuhanya. Dampaknya adalah muncul sikap was-was, dan ragu-ragu, berprasangka
buruk, rendah motivasi, dan dalam dan dalah banyak hal tidak mampu bersikap
mandiri.
v Masalah
individu berhubungan dengan lingkungan keluarga misalnya kesulitan atau ketikdak mampuan mewujudkan hubungan yang
harmonis antara anggota keluarga seperti hubungan antara anak dengan ayah dan
ibunya, adik dengan kakaknya. Dan saudara-saudara yang lainya. Ketidak
harmonisan dalam keluarga menyebabkan anak merasa tertekan,kuraang kasih sayang
dan kurangnya ketauladanan dari kedua orang tuanya.
v Masalah
individu berhubungan dengan lingkungan yang disebabkan karena ketidak mampuan
menyesuaikan diri baik dengan lingkungan tetangga sekolah dan masyarakat atau
kegagalanbergaul dengan beraneka ragam sifat dan perilaku, kegagallan individu
memilih jurusan sesuai dengan karak teristiknya, ketidak mampuan berkomunikasi
denga teman- teman sekelasnya, gurunya, dan kegagalan melakukan tugas-tugas
yang harus ia penuhi.
Semua masalh di atas harus di
identivikasikan oleh guru pembimbing di sekolah dan madrasah, sehingga bisa
menetapkan skala prioritas maslah mana yang akan di bicarakan terlebih dahhulu
dalam pelayanan bimbingan dan konseling.
No comments:
Post a Comment